FOSS Games | Gudangnya Game Open Source dan Game Gratis

 

FOSS GAMES

Secara definitif Game atau Gim adalah permainan interaktif yang dimainkan menggunakan komputer, konsol, atau perangkat mobile. Gim dapat mencakup berbagai jenis genre seperti aksi, petualangan, strategi, simulasi, dan lainnya. Tujuan dari gim biasanya adalah untuk menyelesaikan misi atau mencapai skor tertinggi.

Gim dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria, di antaranya:
  • Jenis platform: gim dapat dimainkan di komputer, konsol, atau perangkat mobile.
  • Genre: gim dapat dikelompokkan berdasarkan jenis permainannya, seperti aksi, petualangan, strategi, simulasi, dll.
  • Target pemain: beberapa gim ditujukan untuk anak-anak, sementara yang lain ditujukan untuk dewasa.
Free dan Open Source Software (FOSS) adalah perangkat lunak yang dapat digunakan gratis dan sumber kodenya dapat diakses, diubah, dan digunakan kembali oleh pengembang lain. FOSS mengutamakan fleksibilitas, transparansi, dan kolaborasi dalam pengembangan perangkat lunak.

Free dan Open Source adalah dua konsep yang berbeda, meskipun sering digunakan bersama-sama.

Free (gratis) mengacu pada hak pengguna untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan perangkat lunak tanpa harus membayar biaya.

Open Source mengacu pada ketersediaan sumber kode perangkat lunak yang dapat diakses, diubah, dan digunakan kembali oleh pengembang lain. Ini berarti bahwa pengembang dapat mengevaluasi, memodifikasi, dan meningkatkan kode sumber perangkat lunak.

FOSS (Free and Open-Source Software) games adalah gim yang sumber kodenya dapat diakses, diubah, dan digunakan kembali oleh pengembang lain tanpa biaya. Hal ini berbeda dengan gim proprietary, di mana sumber kodenya dikunci dan tidak dapat diakses oleh pengembang lain. FOSS games biasanya diperkenalkan dengan lisensi seperti GPL atau MIT. Beberapa contoh FOSS games yang terkenal adalah SuperTux, 0 A.D, FreeCiv, dan Battle for Wesnoth.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba? silakan kunjungi FOSS GAMES

Comments